Jumat, 25 Maret 2011

Tips Membuat Undangan

Harga Undangan Pernikahan Murah atau Mahal, banyak ditentukan oleh desain undangan unik itu sendiri, mulai dari harga kertas cetak, jenis kertas, teknik pencetakan, jumlah pesanan, dsb. Contoh, model dan desain undangan perkawinan bisa diproduksi cetak dengan harga murah, asalkan anda tahu cara membuat atau paling tidak mengetahui dasar pembuatan kartu undangan tersebut.
 
Harga Undangan Pernikahan Murah atau Mahal, banyak ditentukan oleh desain undangan unik itu sendiri, mulai dari harga kertas cetak, jenis kertas, teknik pencetakan, jumlah pesanan, dsb. Contoh dan desain undangan perkawinan bisa diproduksi cetak dengan harga murah, asalkan anda tahu cara membuat atau paling tidak mengetahui dasar pembuatan kartu undangan tersebut.
 
Jenis kertas cetak memiliki banyak ragam. Mulai dari yang murah sampai dengan yang mahal. Biasanya kertas cetak yang paling sering di pakai untuk bahan membuat Undangan Pernikahan adalah jenis Ivory.
Kertas Ivory ini terdiri dari beberapa Gramatur yang juga berpengaruh pada harga.  Semakin tinggi Gramaturnya semakin tebal bentuk kertasnya. Tentunya juga harganya juga semakin mahal. Umumnya Ivory dengan gramatur 310 gsm yang paling sering di gunakan. Untuk harga kertas ini masuk dalam kategroy menengah.
Selain Ivory, ada juga jenis lainnya yang sering di gunakan untuk bahan membuat Undangan Pernikahan yaitu kertas Hammer, Milano, BC, Java, Jasmine. kertas-kertas ini termasuk kertas cetak yang dinilai memiliki kwalitas baik serta harga yang tidak terlalu mahal.
Kami biasanya menyebut dengan kertas Import. Banyak yang kadang tidak memperhatikan ini. Kemudian mereka membandingkan 2 buah desain undangan pernikahan dengan desain yang hampir sama namun harga terpaut jauh. Hal ini disebabkan bahan baku kertasnya yang berbeda.
 
Inilah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi harga undangan murah menjadi mahal :
 
Teknik Cetak
Selain kertas cetak, faktor yang sangat berpengaruh untuk sebuah harga undangan pernikahan adalah teknik cetak. Dalam hal ini, ternyata banyak juga sebagian dari kita yang belum mengetahui antara cetak satu warna dan fullcolor.
Teknik cetak satu warna lebih murah dibandingkan dengan teknik cetak fullcolor. Kenapa? Karena untuk biaya cetak dan pembuatan master cetaknya menjadi empat kali lipatnya.
Penjelasan teknik cetaknya adalah :
Jika cetak satu warna misalnya warna merah, hitungan cetaknya satu kali naik cetak yaitu warna merah. Tentu saja biaya cetaknya hanya satu kali.
Sedangakan cetak fullcolor empat kali naik cetak. lho kenapa bisa empat kali? Karena fullcolor itu terdiri dari warna CMYK. C itu Cyan, M itu magenta, Y itu Yellow, dan K itu untuk Black.
Empat warna ini juga sering kita jumpai pada mesin printer yang kerap kita gunakan sehari-hari. Mengapa foto yang kita print warnanya bisa sama dengan yang ada di monitor? ya itu tadi, karena print yang kita gunakan adalah printer yang memiliki tinta CMYK
Perlu dicermati dan dibedakan antara printer dan mesin cetak. Jika printer mampu menghasilkan print out dengan hasil warna fullcoor dengan sekali jalan namun tidak untuk mesin cetak.
Untuk menghasilkan warna seperti warna foto (fullcolor) mesin cetak memerlukan teknik empat kali naik cetak. Yaitu empat warna yang sudah disebutkan diatas tadi. Walaupun ada juga mesin cetak yang mampu untuk itu, namun perhitungan biaya tetap empat kali naik cetak.
Jadi misalnya biaya satu kali naik cetak Rp. 100.000,- maka perhitungannya untuk fullcolor adalah di kali empat menjadi Rp. 400.000,-
 
Cetak Hotprint
Setelah kertas dan cetak, cetak hotprint salah satu di antara mereka yang mempengaruhi harga sebuah undangan.  Sebelum melanjutkan saya akan menjelaskan sedikit apa itu hotprint. Sederhananya Hotprint adalah teknik pencetakan huruf atau objek desain dengan cara di-stamping panas.
Untuk cetakannya terbuat dari bahan logam kuningan atau timah yang biasa kami sebut dengan Metal klise. Bahan yang menempel di media kertas (undangan)  berasal dari Kertas Foil emas, perak, tembaga, merah, atau biru. Foil tersebut memiliki karakter yang berbeda-beda tergantung selera pemesan serta keserasian desain.
Untuk Hotprit biasa dikenakan biaya pembuatan klise dan biaya pengerjaannya. Biasanya perhitungannya per item. Jadi misalnya tulisan "Undangan" atau "The Weddng" ingin di Hotprint di hitung satu item. Khusus untuk nama pengantin yang terdiri dari dua baris  tetap dihitung satu item.
 
Cetak Embossed
Teknik cetak emboss ini adalah upaya untuk membuat permukaan kertas menjadi timbul. Dalam aplikasi desain grafis disebut efek Embossing. Teknik ini hampir sama dengan cetak hotprint. Karena  teknik pengerjaan menggunakan mesin yang sama, menggunakan klise dan juga menggunakan foil. Namun ada juga yang tidak menggunakan foil.
 
Finishing Pond
Jika pernah melihat undangan pernikahan yang memiliki potongan yang meliuk-liuk, itu adalah salah satu teknik pond. Pond adalah upaya melubangi sebagian undangan untuk  memperindah desain. Bentuknya juga bermacam-macam. ada ornamen yang meliuk-liuk, bentuk hati, bentuk oval, kotak, lingkaran, dan lain sebagainya.
Jika tidak ingin harga undangan anda menguras budget,  mulai dari point hotprint, emboss dan pond dapat dipertimbangan kembali. Karena ini tidak mutlak harus ada dalam undangan pernikahan anda.
Kertas cetak, Teknik Cetak,  Hotprint, Emboss serta Pond adalah diantara faktor yang mempengaruhi harga sebuah undangan. Tentunya ada faktor lain yang dapat mempengaruhi sebuah harga kartu undangan pernikahan.
Semoga informasi ini bermanfaat… dan selamat memilih desain undangan anda supaya tidak terjebak dalam harga yang tidak sesuai dengan yang anda harapkan.
 
Sumbangan Artikel dari: sandy.web.id

1 komentar:

  1. DIJUAL KERTAS " KARTU TIK / CONCORD IMPORT ' :
    - BARANG BARU
    - UKURAN PLANO
    - ADA 10 - 15 WARNA
    - MINIMAL PEMBELIAN PER 100 LEMBAR ATAU DIBORONG SEMUA
    - COCOK UNTUK : KARTU NAMA , KARTU UNDANGAN , KEBUTUHAN TOKO KERTAS , DIGITAL PRINTING , OFFSET , DLL
    - BARANG AMAN & RESMI
    - HARGA RP.2500/LEMBAR (NEGO)
    - SIAP KIRIM KE SELURUH INDONESIA
    - ONGKOS KIRIM DITANGGUNG PEMBELI

    INFO HUBUNGI SEGERA : BENI = 089650091317 ( SMS & WHATSAPP )

    CATATAN : BARANG YANG SUDAH DIBELI TIDAK DAPAT DIKEMBALIKAN !!!

    BalasHapus